Tak Ada yang Tak Mungkin

Jaman kuliah, artikel merupakan makanan sehari-hari, tapi bukan berarti nulis itu gampang. Bagi saya, untuk bisa membuat sebuah paragraf, perlu membaca beberapa sumber sampai paham, barulah bisa parafrasa, tentunya dengan cantumkan sumber (ini penting sekali, untuk mencegah plagiarisme). Artikel tentang kesehatan, lingkungan dan sekitarnya umumnya sudah nyambung dengan studi saya selama ini, jadi tidak terlalu sulit dalam membuatnya.

Tapi, bagaimana jika kita ditantang menuliskan materi yang sama sekali tidak kita ketahui. Beberapa waktu yang lalu saya diminta dengan hormat (hehe) untuk bantu membuatkan sebagian artikel mengenai sistem informasi manajemen pendidikan. Pertama kali mendengar, saya langsung bilang, “ga bisa lah, ngerti juga kagak”. Setelah terkena hipnotis (menjelaskan kondisinya yg carut-marut wkwkwk, sistem belum sempurna dibangun, artikel harus dipresentasikan 2 minggu lagi, pekerjaan yang menumpuk, dan kalau dirumah sulit mengerjakan karena harus membersamai pangeran kecil) akhirnya saya menerima ‘tantangan’ itu.

Minggu pertama saya habiskan dengan download 10 sumber materi ‘terpercaya’, skimming dan saya masih belum mengerti ingin menulis apa. Setiap mendapat 3 kalimat, dihapus lagi, karena belum pas dengan apa yang ingin saya tuangkan. Saya menyerah, dan mengatakan bahwa saya tidak mampu membuat sesuatu yang tidak saya pahami. Namun si Bapak ini menyemangati dan menyampaikan, artikelnya tidak perlu kaku, buat saja santai dan dari sumber-sumber ‘biasa’ juga tak apa.

What? dari sumber biasa? Ya malu lah, masa artikel mau dipresentasiin diambil dari tempat ‘biasa’. Minggu kedua, disela luangnya kesibukan harian, saya iseng memulai artikelnya kembali, mungkin karena sudah membaca semua sumber berkali-kali, rangkaian kalimat seperti mengalir saja tanpa henti. Secara kasar, artikel tersebut saya selesaikan dalam sehari. Hari berikutnya, saya perbaiki kutipan dan referensi. Tentu masih jauh dari sempurna, saya masih harus googling penulisan kutipan yang benar seperti apa.

Setelah saya membaca kembali artikel tersebut, saya menyadari, bahwa tidak ada hal yang tak mungkin untuk dilakukan. Tekunlah pada hal baru tersebut, maka lambat laun, kita pasti bisa melakukannya. Jangan mudah menyerah juga ya. Mau tahu artikelnya, silahkan kunjungi link berikut

2 thoughts on “Tak Ada yang Tak Mungkin”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s